Rayakan Dies Natalis, HI FISIP Ajak Masyarakat Kenali Budaya Berbagai Negara

Surabaya - Humas I Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-34, Departemen Hubungan Internasional FISIP Universitas Airlangga mengadakan serangkaian acara bernama WESTPHALIA (Warmest Enactment of Anniversary of International Relations). Westphalia merupakan serangkaian acara yang terdiri dari tiga acara utama, yaitu Air Passion (Airlangga International Relations Paper Competition), IHIY (Internal Hubungan Internasional Day) dan Malam Puncak WESTPHALIA. Serangkaian acara tersebut memiliki tema masing-masing untuk mewadahi kreativitas dan prestasi dari mahasiswa HI serta mermpromosikan jurusan HI kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Surabaya.

Serangkaian acara WESTPHALIA dimulai pada tanggal 18 November 2016 melalui Air Passion dan diakhiri dengan Malam Puncak WESTPHALIA pada tanggal 18 Desember 2016. Perayaan WESTPHALIA diawali oleh Air Passion, sebuah kompetisi menulis essay bagi siswa SMA dan Mahasiswa. Air Passion dilaksanakan dalam WESTPHALIA untuk menumbuhkan ketertarikan calonmahasiswa dan mahasiswa dalam bidang tulis menulis secara ilmiah, khususnya dengan tema hubungan internasional.Sedangkan IHIY, merupakan acara khusus bagi para mahasiswa HI UNAIR untuk berkumpul, membuat rujak bersama-sama sambil menikmati hiburan yang disediakan. Acara IHIY merupakan acara internal yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antar angkatan.

Sebagai acara puncak, Departemen HI mengadakan berbagai acara menarik di Sutos (Surabaya Town Square). Acara yang diadakan sejak pagi hingga malam tersebut mengundang berbagai komunitas kebudayaan, olahraga, dan kuliner untuk tampil dan mempromosikan berbagai kegiatannya kepada masyarakat Surabaya. Tidak hanya itu, terdapat talkshow dengan menghadirkan Miss Indonesia 2015 dan Miss World Asia 2015, Maria Harfanti. Talkshow yang membawakan tema “Memaknai Kembali Multikulturalitas Indonesia sebagai Respon atas Intensifikasi Globalisasi dan Ancaman Krisis Identitas Pemuda Indonesia” dihadiri pula oleh dosen muda HI yang merupakan lulusan London School of Economics and Political Science, Joko Susanto. Di akhir acara,  pengunjung dapat menikmati penampilan band indie, yaitu Dandelions dan Rumahsakit.

Dengan membawakan konsep baru, Ketua Panitia WESTPHALIA berharap bahwa masyarakat semakin tertarik dengan isu-isu internasional dan tentunya jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Airlangga. WESTPHALIA diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat untuk sadar akan pentingnya peran kebudayaan dan keanekaragaman yang ada di lingkup internasional saat ini. Maka dari itu, tidak hanya band dan tokoh penting yang diundang, namun berbagai komunitas kultural beberapa negara, seperti Jerman, Arab, Jepang dan Korea menjadi pengisi di eksibisi di Sutos. “Saya mengharapkan bahwa masayarakat semakin melihat pentingnya soft politic dalam membentuk hubungan internasional saat ini dengan memahami berbagai kebudayaan yang ada di WESTPHALIA. Kami juga berharap semua pihak yang terlibat dalam WESTPHALIA dapat menikmati ulang tahun HI tanpa terkecuali” ujar Ilham Bafadal, ketua WESTPHALIA 2016. (CAY)

Agenda

Indeks +