FISIP Deklarasikan “Ayo Wani Moco” Bersama Segenap Penggiat Literasi

Surabaya – Humas | Sebagai institusi pendidikan, FISIP UNAIR mendukung sepenuhnya gerakan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas literasi di Indonesia. Dukungan ini salah satunya direalisasikan melalui terselenggaranya acara B(E)RAKSI Vol. 1 Barisan Aksi Literasi pada hari Rabu (4/5) di Taman Demokrasi FISIP UNAIR. Acara diselenggarakan oleh Partai Senja FISIP yang berkolaborasi dengan komunitas dan instansi yang memiliki kepedulian terhadap literasi, di antaranya yaitu Aliansi Literasi Surabaya (ALS), LISO (Lingkaran Solidaritas), Centre for Strategic and Global Studies (CSGS), Sarasvati, BARA FISIP, Literaturia, dan Selasar Baca.

Rangkaian acara dimulai dengan resmi dibukanya lapak buku pada pukul 10.00, yang dilanjutkan dengan penampilan seni hingga pukul 14.00. Sedangkan acara utama yakni diskusi yang diakhiri dengan deklarasi berlangsung pukul 14.00 hingga 16.00. Digagasnya acara ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan budaya membaca, khususnya bagi kaum intelektual yakni para mahasiswa FISIP UNAIR. para mahasiswa khususnya di FISIP untuk meningkatkan budaya membaca.

”Saat ini banyak kegiatan anak muda yang tidak seberapa penting. Mereka menghabiskan waktu mereka dengan sia-sia. Padahal banyak kesempatan untuk menambah pengetahuan melalui membaca. Minat literasi mahasiswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, budaya membaca ini harus kembali digiatkan. Harus dimulai dari diri kita sendiri,” ujar Rizal Ilham, mahasiswa FISIP UNAIR selaku koordinator Barisan Aksi Literasi.

Acara ini berlangsung dengan amat dinamis karena tak hanya menghadirkan perspektif dari mahasiswa FISIP UNAIR saja. Partisipasi dari beragam instansi dan komunitas dengan latar belakang yang berbeda ini menjadikan diskusi menjadi semakin interaktif. Peserta diskusi dengan antusias saling berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang isu yang dibahas.

Tak hanya membahas budaya literasi dalam hal teks cetak semata, diskusi ini menjadi kian menarik ketika membahas pola kebiasaan anak muda dalam bersosial media. Masyarakat kini memang dimudahkan untuk memperoleh informasi dengan adanya kecanggihan teknologi. Namun di sisi lain, banyak juga yang masih belum cerdas dalam memilih dan memilah informasi dan memastikan kebenarannya. Karena itulah, deklarasi “Ayo Wani Moco” berupaya mengajak masyarakat (khususnya mahasiswa) untuk membaca buku guna meningkatkan pola pikir kritis. (RVN/ VET)

Agenda

Indeks +