Program Pengmas Staf Prodi Sosiologi FISIP UNAIR Dapatkan Dukungan dari Monev PK2 Jawa Timur

Surabaya – Humas | Sabtu (15/7) telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Jalin Matra Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017. Kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2015 tersebut melibatkan para civitas akademika FISIP UNAIR. Pada program PK2 diketuai oleh salah satu staf pengajar program studi Sosiologi FISIP UNAIR yaitu Drs. Doddy Sumbodo Singgih, M.Si. Kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut berlangsung hanya dalam satu hari dan bertempat di Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Monitoring dan Evaluasi PK2 tersebut beranggotakan Yuliana Windi Sar, S.Sosio yang menjabat sebagai Pemimpin Pendamping PK2, Rido Dwie Farhard Ardhan, S.Sos selaku Tenaga Supervisi Wilayah PK2, Sofi Setya Ningrum selaku Staf Pendukung PK2 dan Nurul Istika juga selaku staf pendukung PK2. “Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk menjaga Rumah Tangga yang rentan miskin agar tidak terjerumus menjadi miskin. Karena itu kami berikan dana produktif dan pelatihan kepada mereka,” ungkap Doddy.

Selain kegiatan Monev PK2 tersebut, jajaran staf pengajar Sosiologi juga mengadakan pengabdian masyarakat yang bertemakan “Pendampingan Usaha Ekonomi Produktif Rumah Tangga Hampir Miskin di Pedesaan Jawa Timur”. Kegiatan ini sangat sesuai karena disisi lain Monev memberikan dana yang berasal dari APBD dan jajaran staf pengajar Sosiologi FISIP UNAIR memberikan pelatihan pendampingan akan usaha ekonomi yang produktif. Tidak hanya bantuan secara materi namun juga bantuan secara moral. Pengabdian masyarakat yang berlangsung tersebut beranggotakan Prof. Dr. I.B. Wiarawan, Drs., SU, Dr. Sutinah, Dra., MS selaku Kepala Departemen Sosiologi FISIP UNAIR, Sudarso, Drs., M.Si selaku sekretaris Departemen Sosiologi, Yuliana Windi Sari, Ridho Dwie Ferhard, Sofi Setya Ningrum dan Nurul Istika.

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dihadiri oleh 50 Rumah Tangga rentan miskin serta Kepala Desa dan jajaran Perangkat Desa. Mereka semua dibekali motivasi bimbingan teknis. Pemberian dana bantuan produktif ini merupakan salah satu program unggulan pihak Provinsi Jawa Timur, yang diperuntukkan kepada 180 Desa berbeda sebesar 75 juta rupiah pada setiap desanya. Setelah berjalan selama hampir 2 tahun, baru kali pertama Monev PK2 berkolaborasi dengan program pengabdian masyarakat yang diusung prodi Sosiologi ini dan kedepannya, kolaborasi ini memungkinkan untuk dilanjutkan karena faktor efisiensi dan efektivitas waktu dan anggaran biaya. (UC/QQ)

Agenda

Indeks +