Gandeng Universitas Luar Negeri, FISIP Asah Kemampuan Calon Mahasiswa S2

Surabaya – Humas | Banyak dari mahasiswa FISIP UNAIR yang setelah lulus studi S1 ingin segera melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Motivasi tersebut juga diimbangi dengan kemudahan mencari informasi guna memilih universitas yang dituju terutama di luar negeri. Oleh karena itu, FISIP berkerjasama dengan International Development Program (IDP) menyelenggarakan sebuah pelatihan bertajuk "How to Write a Research Proposal?".

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa (23/5) di Common Room Gedung A FISIP UNAIR. Tujuan utama dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk memberikan gambaran, panduan dan memaksimalkan pemahaman mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Tak hanya itu, pelatihan ini juga menggandeng institusi pendidikan luar negeri yaitu University of Southern Quensland (USQ). Pemateri yang hadir dalam pelatihan ini di antaranya adalah Louis Fernandes dari USQ dan 2 orang perwakilan IDP.

"Acara ini amat bermanfaat karena bisa membantu kalian yang ingin mendapatkan beasiswa studi lanjut, khususnya di Australia. Mahasiswa sebaiknya benar-benar memanfaatkan materi dalam pelatihan ini sehingga menghasilkan output sesuai dengan harapan kita semua," ujar perwakilan dari IDP dalam sambutannya.

Pelatihan ini dengan sesi penjelasan mengenai sejarah IDP. Disampaikan bahwa mulanya IDP dibentuk oleh 40 rektor yang ada di Australia demi memfaslitasi para mahasiswa asing untuk berkuliah di Australia. Dalam kesempatan ini disampaikan pula bahwa setidaknya terdapat 10 beasiswa yang ditawarkan oleh baik pemerintah Australia maupun Indonesia untuk berkuliah di Australia.

Dalam pelatihan ini, terdapat beragam materi yang dibagikan kepada para peserta, mulai dari kiat-kiat membuat proposal penelitian hingga tips untuk mendapatkan supervisor yang tepat. Louis Fernandes menekankan bahwa para profesor akan sangat memperhatikan kemampuan para calon mahasiswa untuk melakukan riset. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa tahap perencanaan adalah hal yang sangat penting ketika mahasiswa ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah timeline studi dan budget plan agar studi yang dijalani nantinya dapat lebih efisien. (ZK/ VET)

Agenda

Indeks +