Puji Universitas Airlangga, Mahasiswa dan Dosen dari Miami Ini Kunjungi FISIP UNAIR

Surabaya – Humas | Kegiatan pertukaran pelajar tidak hanya didominasi oleh mahasiswa Indonesia yang ingin ke luar negeri, tidak sedikit pula mahasiswa/i asing yang ingin berkunjung dan mengenal budaya Indonesia. Terbukti, sepuluh mahasiswa dan satu dosen pembimbing pertukaran pelajar dari MDC (Miami Dade College) berkunjung ke FISIP UNAIR pada Jum’at (26/05). Program kerjasama yang diadakan oleh MDC dan IOP UNAIR tersebut disambut hangat oleh dosen-dosen FISIP UNAIR. Beberapa dosen di FISIP UNAIR terlihat memberikan materi bagi delegasi MDC, seperti yang dilakukan oleh Dr. Dra. Pinky Saptandari, MA.

Pinky Saptandari merupakan salah satu dosen departemen Antropologi yang memaparkan materi mengenai “Etiket dan Variasi Kultur” kepada para mahasiswa MDC selama kurang lebih dua jam lamanya. Para mahasiswa terlihat sangat aktif di sesi ini. Sepuluh mahasiswa tersebut merupakan hasil dari seleksi ketat yang dilakukan oleh MDC sebelum berangkat ke Indonesia. Tingginya minat mahasiswa MDC yang ingin melaksanakan pertukaran pelajar menyebabkan mereka harus mengikuti serangkaian seleksi.

Dalam dua minggu, para mahasiswa MDC akan mengunjungi berbagai tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Prof. Dr. Michael J. Lenaghan adalah dosen yang mendampingi dalam acara pertukaran pelajar tersebut. Prof. Lenaghan ternyata telah mengunjungi Indonesia ketiga kalinya dan selalu terkesan dengan budaya yang ada di Indonesia, terutama tari-tarian yang variatif.

“Universitas Airlangga merupakan universitas terkemuka di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Saya berharap bahwa kunjungan ini dapat membangun kerja sama yang actual diantara kedua universitas dalam hal pertukaran pelajar dan fakultas. Mungkin para mahasiswa dapat terinspirasi untuk belajar disini (Universitas Airlangga) dan sebaliknya para mahasiswa UNAIR dapat terinspirasi untuk belajar di MDC,” ujar Prof. Dr. Miachael J. Lenaghan yang juga merupakan Mardee Jenrette Endowed Chair of Teaching Excellence Professor di MDC ketika ditanya mengenai alasannya mengunjungi UNAIR.

Ketika ditanya sekali lagi apakah para mahasiswa akan pergi ke beberapa tempat terkenal di Indonesia selain Surabaya, Prof. Lenaghan dengan tegas menyatakan bahwa mereka bukanlah turis. Kedatangan delegasi dari MDC fokus pada pembelajaran dan tentunya mengenal lebih dalam berbagai kultur di Indonesia dan dinamika yang ada. (CAY/QQ)

Agenda

Indeks +