Kerjasama S3 FISIP UNAIR dengan Universitas di Medan

Surabaya – Humas | Mulai dari semester Gasal 2012/2013 ini, FISIP UNAIR menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di Medan, Sumatera Utara untuk studi Program Doktor (S3). Terjalinnya kerjasama ini memang dimungkinkan karena adanya aturan dari Dikti yang mengizinkan kerjasama S3 dengan perguruan tinggi yang lain terutama negeri.

Kerjasama ini dapat terjalin melalui beberapa pertimbangan, diantaranya para pimpinan dan Ketua Program Studi (KPS) yang saling mengenal, Program Studi S3 FISIP terakreditasi A, dan adanya keinginan dari dosen Universitas Medan untuk studi di FISIP UNAIR.

Seperti yang diungkapkan Wakil Dekan I FISIP UNAIR, Dr. Dwi Windyastuti Budi H., Dra., tujuan menjalin kerjasama S3 ini untuk mewujudkan salah satu program kerjasama dibidang pendidikan. Selain itu adanya keinginan FISIP UNAIR untuk membina Universitas Medan agar bisa mendirikan Program Doktor (S3) sendiri.

“Pembinaan bagi perguruan tinggi di UNIMED, harapannya mereka tidak terus menerus kesini, tapi juga nanti mereka bisa berdikari membuat program S3 itu sendiri,” jelas beliau saat ditemui di ruangannya kemarin (28/09).

Dari Univ. Medan, Univ. Muhammadiyah Sumatera Utara, Univ. Simalungun, dan Univ. Islam Sumatera Utara mengirimkan 23 dosennya untuk kuliah di FISIP UNAIR hingga kurang lebih tiga tahun kedepan sesuai dengan normal studi S3.

Meski memungkinkan dalam menjalin kerjasama, namun syarat-syaratnya harus tetap terpenuhi. FISIP UNAIR memberi persyaratan, diantaranya minimal jumlah peserta sesuai kapasitas, mengikuti persyaratan seperti mahasiswa baru (melalui proses pendaftaran, tes tulis, dan tes wawancara), lulusan S2 dari universitas yang terakreditasi, Indeks Prestasi (IP) minimal 2.75.

Dwi juga mengungkapkan untuk semester depan, S2 Komunikasi bisa dimungkinkan bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan.

Mengenai harapannya, Dwi berharap akan banyak universitas yang membangun kerjasama dengan FISIP UNAIR. “Ya, kita berharap banyak yang ingin ke UNAIR untuk membangun kerjasama, artinya bahwa S3 FISIP diakui dan dilirik banyak universitas lain untuk melakukan kerjasama. Karena S3 jarang yang mendapat nilai A dan kebetulan FISIP terakreditasi A, sehingga memungkinkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain terutama negeri,” jelasnya. (PCH)

Agenda

Indeks +