FISIP Resmi Jalin Kerjasama dengan LAPAN Untuk Rumuskan Kebijakan Internasional

03 Maret 2017



Surabaya – Humas | FISIP bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau yang biasa disingkat dengan LAPAN. Kerjasama ini bertujuan untuk mengartikulasikan rumusan kebijakan strategis di bidang penerbangan dan antariksa yang sedang dilakukan oleh Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA) LAPAN yang perlu mendapatkan masukan dari akademisi FISIP UNAIR, utamanya terkait dengan kebijakan internasional. Penandatanganan kerjasama FISIP dengan LAPAN berlangsung pada Jumat (3/3) dan dilanjutkan dengan kuliah tamu yang dihadiri oleh mahasiswa jurusan ilmu Hubungan Internasional serta beberapa staf pemerintah daerah Jawa Timur. Kuliah tamu di buka oleh dekan FISIP Dr. Falih Suaedi, Drs.M.Si dan di pandu oleh Joko Susanto S.IP.,M.Sc. salah satu staf pengajar ilmu Hubungan Internasional sebagai moderator acara kuliah tamu tersebut. “Indonesia sudah lama merdeka, tapi masih belum menemukan arti kemerdekaan yang hakiki” tukas Falih dalam membuka acara penandatanganan MoA dan kuliah tamu tersebut.

Kerjasama LAPAN dengan FISIP UNAIR ini diinisiasi oleh pusat studi yang berada dibawah naungan FISIP UNAIR, yakni Cakra Studi Global Strategis (CSGS). Pusat studi yang didirikan pada tahun 2007 ini memiliki tujuan untuk mengkaji isu-isu hubungan internasional dengan mengadakan diskusi, tinjauan, dan analisis kontemporer secara rutin. Sebelumnya, pada 16 Januari 2017, telah terlebih dahulu diadakan penjajakan kerjasama antara LAPAN dan FISIP UNAIR yang dihadiri oleh Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA), Ir. Agus Hidayat, M.Sc., Dekan FISIP UNAIR, Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si., Direkstur Eksekutif CSGS, I Basis Susilo, Drs., MA., serta beberapa orang staf pengajar program studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNAIR.

Kuliah tamu yang bertajuk “IPTEK Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Mandiri”. Bertempat di ruang Adi Sukadana FISIP Unair, acara dimulai pada pukul 14.00 dan dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin M.Sc., selaku Kepala Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Ir. Agus Hidayat, M.Sc., selaku Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA) LAPAN. FISIP UNAIR dipilih karena memiliki para pakar akademisi yang dianggap sesuai dengan LAPAN. Dalam kuliah tamu tersebut juga disampaikan harapan-harapan kepada para peserta kuliah tamu salah satunya yaitu mendorong program ke antariksaan sampai level tertinggi. “Indonesia diciptakan tidak hanya untuk diarungi, tapi juga di terbangi dan dijelajahi,” ungkap Agus Hidayat mengutip dan menambahkan kalimat yang pernah diungkapkan oleh B.J.Habibie. (UC)

Agenda

Indeks +