FISIP Tandatangani MoU Kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur

Surabaya – Humas | Kamis, 3 November 2016, ruang Adi Sukadana dipenuhi oleh hampir 100 orang perwakilan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Jawa Timur. Pada hari itu, dilakukan penandatangan MoU kerjasama antara FISIP Unair dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, memang sekaligus juga diadakan Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis dan Laporan Keuangan untuk Pengembangan Koperasi bagi 100 LMDH. Penandatanganan MoU kerjasama sekaligus pelatihan bisnis bagi LMDH ini merupakan wujud nyata komitmen FISIP dalam merealisasikan salah satu aspek dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Selain dihadiri oleh Dekanat FISIP Unair, acara ini dihadiri pula oleh Drs. Andik Fadjar Tjahyono, M.Si dari Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, H. Agus Syamsudin, MM selaku Ketua Forum Komunitas Masyarakat Desa Hutan, Ir. Putut Adji Suryanto dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, dan Ir. Bayu Nugraha dari Perum Perhutani Provinsi Jawa Timur. Acara ini dibuka dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Ali Sahab selaku ketua kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FISIP, Falih Suaedi dan sambutan dari Kabid Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, Drs. Andik Fadjar Tjahyono, M.Si.

Seusai pembacaan laporan kegiatan dan sambutan-sambutan, diadakan prosesi penandatanganan Mou kerjasama antara FISIP Unair dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur yang disaksikan oleh seluruh peserta acara.

Salah satu narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan penyusunan rencana bisnis dan laporan keuangan untuk pengembangan koperasi bagi 100 LMDH ini adalah Dr. Windijarto, SE., MBA selaku Direktur Laboratorium Pengembangan Manajemen dan Bisnis (LPMB) FEB Unair. Dalam materinya, Windijarto menyampaikan kiat-kiat dalam menyusun rencana bisnis sebagai sebuah panduan dalam memulai bisnis. Hampir 100 orang perwakilan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Jawa Timur yang hadir sebagai peserta pun nampak aktif mencatat dan antusias mengajukan pertanyaan sesuai dengan kondisi yang mereka hadapi dalam bisnis yang mereka geluti.

Penandatanganan MoU Kerjasama FISIP Unair dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur ini merupakan wujud nyata komitmen FISIP Unair dalam merealisasikan visi FISIP Unair, yaitu untuk menjadi fakultas yang bermutu tinggi dan terkemuka yang mendasarkan pada semangat pluralisme, kemanusiaan, demokrasi, keadilan dan kesejahteraan bersama. Melalui MoU kerjasama ini, diharapkan FISIP Unair dapat terus berkontribusi langsung dalam menawarkan pemecahan berbagai masalah sosial melalui pengembangan keilmuan. (Vita Kartika)

Agenda

Indeks +