ja_mageia

Ilmu Perpustakaan
Mencetak SDM yang memiliki kemampuan akademik untuk mengolah informasi, memanfaatkan perangkat teknologi informasi, mengelola perpustakaan, pusat informasi dan dokumentas
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Ilmu Politik merupakan salah satu bidang ilmu yang terus mengalami perkembangan, seiring dengan dinamika perkembangan masyarakat politik (polity) yang  menjadi kajiannya. Perkembangan itu, contohnya, terlihat dari beragamnya pendekatan (approaches) untuk memahami dan menjelaskan fenomena politik, mulai dari pendekatan kelembagaan, pendekatan perilaku, pendekatan kelembagaan baru, pendekatan post-kelembagaan, dan pendekatan-pendekatan lainnya. Perkembangan ilmu politik juga terlihat dari beragamnya teori yang di antaranya lahir dari studi-studi empiris mengenai fenomena politik, baik dari hasil studi kasus maupun hasil dari perbandingan mengenai fenomena serupa di sejumlah negara atau wilayah.  Perkembangan ini tidak lepas dari semakin kompleksnya fenomena politik di berbagai negara di dunia, baik pada level negara, kelompok maupun individu.  
 
Di Indonesia, ilmu politik relatif baru perkembangannya, karena lembaga yang secara khusus menyediakan pendidikan ilmu politik baru dibuka pasca kemerdekaan. Awal perkembangannya pun masih kental dengan pendekatan lama dari ilmu politik yang menekankan pada aspek kelembagaan pada studinya. Penamaan jurusan ilmu pemerintahan, mencerminkan realitas demikian. Ilmu politik dalam hal demikian lebih dikaitkan dengan lembaga-lembaga pemerintahan. Baru pada 1970-an, ilmu politik di Indonesia mengikuti lebih cepat perkembangan ilmu politik di dunia, seiring dengan mulai banyaknya ilmuwan politik Indonesia yang menamatkan pendidikannya di luar negeri dan dibukanya jurusan atau departemen di berbagai perguruan tinggi.
 
Meskipun demikian, secara kualitatif, perkembangan ilmu politik di Indonesia masih tertinggal kalau dibandingkan dengan perkembangan ilmu politik di negara-negara lain. Hal ini terlihat dari masih minimnya publikasi ilmuwan politik Indonesia, khususnya publikasi di tingkat internasional. Di antara sebabnya adalah karena tingkat kemampuan para ilmuwannya masih terbatas. Dalam kondisi demikian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga yang sejak awal 1980-an mengembangkan Ilmu Politik membuka Program S2 yang secara khusus mengembangkan Ilmu Politik.  
 
Riwayat Perkembangan Program Studi

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik pertamakali membuka Program S2 Ilmu-Ilmu sosial pada 1992 dan program ini dikelola oleh Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Pada awalnya, kurikulum yang dikembangkan masih bercorak umum tentang ilmu-ilmu sosial. Akan tetapi dalam perkembangannya, dibuka peminatan-peminatan terkait dengan ilmu-ilmu sosial, di antaranya adalah peminatan ilmu politik. Pada tahun 2003 dibuka peminatan baru yang berkait dengan ilmu politik, namanya peminatan Manajemen Pemerintahan dan Politik Lokal (MPPL). Kedua peminatan inilah yang dijadikan modal untuk mendirikan Program Magister Ilmu Politik. Adapun maksud dibuka kedua peminatan ini bisa lebih leluasa dikembangkan, dan dimungkinkan untuk membuka peminatan-peminatan lain di dalam studi politik.
 
Sebagai langkah untuk mengembangkan pendidikan strata dua di bidang ilmu politik di Universitas Airlangga, lebih difokuskan pada dua peminatan. Pertama, adalah peminatan Manajemen Pemerintahan dan Politik Lokal (MPPL). Kedua, adalah peminatan Analisis Politik. Peminatan pertama sebenarnya sudah didirikan dan merupakan bagian dari Program S2 Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Airlangga. Agar peminatan ini lebih terfokus dan berkembang, peminatan ini akan dibawa sebagai bagian dari Program S2 Ilmu Politik. Peminatan ini, khususnya, diarahkan pada upaya untuk menghasilkan para lulusan yang memiliki kemampuan pengelolaan, analitis, dan metodologis di bidang pemerintahan dan politik lokal. Sedangkan peminatan yang kedua, diarahkan pada upaya untuk menghasilkan para lulusan yang mampu memiliki kemampuan analitis dan metodologis ilmu politik pada umumnya. Ke dua peminatan selama ini juga merupakan bagian dari Program S2 Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Airlangga. Hanya saja, namanya adalah peminatan ilmu politik. 
 
Secara formal yuridis Program Magister Ilmu Politik beroperasi pada tahun 2009 berdasarkan SK Rektor Nomor 820/H3/KR/2009 tertanggal 05-05-2009 dan secara operasional program Magister Ilmu Politik ini mulai menerima mahasiswa baru di bulan September 2009.

 

1 TUJUAN PENDIDIKAN
2 KURIKULUM
3 PENGAJAR
4 INFORMASI
 


 

Gudang File

@. Peraturan Pendidikan (pdf )
 
@. Prosedur Pendidikan  (pdf )
 
@. JADUWAL KALENDER AKADEMIK SEMESTER GENAP  2013-2014 (pdf)
 
@. WAJIB PEKET GENAP 2013-2014 (pdf)
 
@. KALENDER AKADEMIK 2013-2014 (JPG)
 
@. JADUAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SMT. GENAP 2013-2014 (pdf)
 
@. DAFTAR MATA AJARAN YANG DIJADUALKAN UNTUK SEMESTER GENAP 2013/2014 (pdf)
 
 

 

PENGABDIAN MASYARAKAT

27 April 2012
Prof. Dr. L. Dyson P., MA (Peserta Rapat)Pertemuan dengan Agenda membicarakan perkembangan prodiAntropologi S1/S2/S3, Sertfikasi profesi Antropologi, Simposiumdan Jurnal Antropologi Penyelenggara: Asosiasi Antropologi Indonesia
 
27 April 2012
Drs. Sudarso, M.Si (Pembicara) Workshop Pengembangan Pengajaran (GBPP & SAP) Penyelenggara: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo

27‐28 April 2012
Dra. Tri Susantari, M.Si (Narasumber) Bimibingan Teknis Pengembangan Wawasan Aparatur dan Pelatihan Penganggaran Responsif Gender Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur Penyelenggara: Dinas Pendapatan Prov. Jatim
 
 

KERJASAMA

Penyelenggaraan Pendidikan S2
Program Studi Pengembangan SDM
Kerjasama FISIP[Internal] dengan
Dir Jen. Pajak Departemen Keuangan RI.[Eksternal]
Penyelenggaran Studi Kemanfaatan Sosial dan Desain Revitalisasi
Pasar Setonobetek Kota Kediri
Kerjasama FISIP[Internal] dengan
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kediri[Eksternal]
Detail….