Dua Mahasiswa FISIP Berprestasi Jalani Satu Semester di Negeri Gajah Putih

27 Februari 2017

 

Humas-Surabaya I Gina Aulia dan Gaby Calisha Azzahra merupakan nama-nama mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun 2013 yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program pertukaran ke Thailand selama satu semester. Program yang bernama “The Scholarship Awards – Thailand’s Education Hub for the ASEAN+6 Countries” merupakan program pertukaran yang diadakan di Prince of Songkla University International College (PSUIC), Hat Yai, Thailand. Beasiswa yang khusus diperuntukkan bagi para mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang media digital tersebut diikuti oleh kedua mahasiswa FISIP melalui berbagai proses seleksi yang ketat. Selain kedua mahasiswa FISIP UNAIR, terdapat tiga mahasiswa lainnya dari UNAIR yang mendapatkan beasiswa serupa.

Terdapat empat jenis bidang yang menjadi fokus dalam beasiswa yang berikan oleh PSUIC. Keempat bidang tersebut adalah efek visual, media interaktif, produksi animasi dan Pemrograman Komputer. Keempat bidang tersebut merupakan pilihan fokus yang dapat diambil oleh mahasiswa pertukaran. Dalam jurusan Bachelor Degree of Science in Digital Media Porgram. Program tersebut merupakan program yang baru saja dibuka oleh PSUIC dan ditawarkan untuk mahasiswa internasional.

Terdapat dua kali seleksi yang perlu dilalui oleh mahasiswa FISIP dalam mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar. Seleksi yang pertama adalah seleksi yang dilakukan oleh International Office and Partnership (IOP) Universitas Airlangga. Persiapan pertama meliputi dokumen-dokumen kemampuan berbahasa asing, yaitu Bahasa Inggris dan tentunya kemampuan dalam media digital, baik itu desain atau berupa pengolahan video dan gambar lainya. Setelah seleksi yang diadakan oleh IOP, mereka lalu direkomendasikan dan diseleksi lagi langsung oleh PSUIC yang kemudian kedua mahasiswa baru melalui seleksi yang langsung diadakan oleh PSUIC.

Perbedaan kultur dan cara mengajar merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kedua dar tersebut. “Belajar di PSUIC lebih banyak praktek daripada teori dan hampir sama seperti di UNAIR yang harus mengerjakan final project untuk menyelesaikan UAS. Tapi harus diakui bila fasilitas yang ditawarkan PSUIC sangatlah lengkap, termasuk fasilitas satu komputer satu mahasiswa yang disediakan untuk belajar mengajar di kelas” ujar Jeby Azzahra. Di satu sisi Thailand memang seringkali dijadikan tempat wisatawan mancanegara, namun perlu diketahui pula bahwa tidak seluruh masyarakat dapat berbahasa Inggris. Kondisi ini menyebabkan kedua mahasiswa mau tidaak mau mempelajari bahasa Thailand agar dapat berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Sebagai mahasiswa yang pertama kali mengikuti kegiatan pertukaran selama satu semester, Gina menyatakan bahwa jangan memusingkan apakah mengikuti program dapat memundurkan kelulusan atau tidak, karena pengalaman yang akan didapat saat mengikuti pertukaran pelajar jauh lebih berharga dan bermanfaat untuk kedepannya. Gina juga berharap bahwa semakin banyak mahasiswa dan mahasiswi FISIP lainnya yang akan mengikuti program serupa (VIT/CAY).