Adien Gunarta Mahasiswa Pertukaran Pelajar di Korea Selatan

27 Februari 2017

 

Adien Gunarta merupakan mahasiswa komunikasi angkatan tahun 2013 baru saja kembali setelah mengikuti program pertukaran pelajar di Chonnam National University, Korea Selatan. Program yang beranama “CNU Student Exchange Fall Semester 2016” merupakan program yang ditujukan bagi
mahasiswa internasional.

Selama empat bulan di Korea Selatan, Adien tidak mengalami kesulitan berarti namun yang menjadikannya tertantang melainkan penyesuaian diri dengan iklim dan nilai mata uang disana. Sebagai mahasiswa exchange, Adien diharapkan mampu mengikuti kegiatan diluar kampus yang berkaitan dengan tradisi dalam pergaulan mahasiswa di Korea Selatan. Beberapa tradisi yang biasa dilakukan oleh mahasiswa juga menjadi halangan tersendiri bagi Adien seperti Burning Friday dan Sambyoksal. Kegiatan tersebut tidak bias ia ikuti karena terhalang oleh minuman dan makan non-halal yang bukan menjadi budayanya seperti, alkohol dan babi. Meski minuman dan makan tersebut telah menjadi hal yang lumrah di kedua acara tersebut.

Dalam hal perkuliahaan, sebagai mahasiswa pertukaran pelajar, Adien juga merasa memiliki kebebasan dalam mengambil mata kuliah lintas jurusan yang di sediakan oleh CNU. Seperti halnya yang dialami oleh rekan sesama exchange-nya merupakan mahasiswa yang menempuh sastra Jerman sebagai jurusan, namun CNU memberikan keleluasaan bagi mahasiswa program pertukaran pelajar untuk mengambil mata kuliah dari fakultas hukum.

“Ayo teman-teman FISIP, ikut aja! Karena pengalaman untuk pertukaran pelajar tidak akan didapat pada tahapan kehidupan lainnya. Sehingga manfaatkan kesempatan yang ada” ucap Adien memberikan dorongan bagi mahasiswa lainnya. (UC)