Civitas Akademika FISIP Dominasi Penghargaan dalam Pengelolaan Website dan Blog se-Universitas Airlangga

17 Januari 2017

 

Surabaya - Humas I Sebagai salah satu upaya dalam mencapai predikat WCU (World Class University), Universitas Airlangga mengapresiasi blog civitas akademika melalui pemberian penghargaan dalam rangka meningkatkan produktivitas konten akademik di dunia maya. Pada tanggal 17 Januari 2017, Universitas Airlangga memberikan penghargaan kepada 18 pemenang dalam empat kategori berbeda. Enam  pemenang diantaranya berasal dari FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) menjadikan FISIP sebagai fakultas dengan pemenang civitas akademika terbanyak. Empat kategori penghargaan yang diperebutkan adalah website fakultas terbaik, website departemen terbaik, blog civitas akademika terbaik dan blog mahasiswa terbaik.

Keempat mahasiswa FISIP yang membanggakan tersebut adalah Sri Harini Wiajayanti, Amalia Mastur, Helmi Akbar D. dan Yohannes Putra Suhito. Secara berturut-turut mereka berempat mendapat penghargaan sebagai juara pertama, kedua, ketiga dan harapan pertama dalam kategori blog mahasiswa terbaik dari enam mahasiswa yang terpilih mendapatkan penghargaan. Untuk kategori blog civitas akademika terbaik, dosen FISIP mendapatkan penghargaan adalah Nove Eka Variant Anna, S.Sos., MIMS. Selain keempat mahasiswa dan satu dosen FISIP, yang juga patut dibanggakan adalah predikat FISIP dalam mengelola website. FISIP mendapatkan juara ketiga mengalahkan 13 fakultas lainnya di Universitas Airlangga untuk kategori website terbaik.

Penilaian yang dilakukan dalam menentukan juara oleh Universitas Airlangga didasarkan kepada standar perangkingan Webometrics, yang juga dijadikan acuan dalam perangkingan universitas-universitas di dunia. Keenama parameter tersebut adalah, presence, visibility, openness, excellence, content, dan web design. Yohanes, salah satu mahasiswa HI FISIP yang memenangkan penghargaan tersebut menyatakan bahwa kunci keberhasilannya adalah untuk selalu mengupdate isi dari blog yang telah disediakan oleh Universitas Airlangga. Ia juga membagikan tips kepada mahasiswa lainnya dalam memenangkan penghargaan UNAIR tersebut. “Isi dari blog sebaiknya diisi dengan hal-hal yang berbau akademis sehingga bermanfaat bagi lingkungan intra dan ekstra kampus” ujar mahasiswa HI semester 6 tersebut. Yohanes berharap bahwa FISIP kedepannya dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan gelar-gelar yang telah diraih. (Cahya Trisady Gustiari)