Teliti Relasi Antarpedagang di Pasar Tradisional, Saudah Raih Gelar Doktor FISIP Unair

02 Mei 2018



Surabaya — Humas | Pada Rabu (02/05), FISIP Unair memberi gelar doktor pada Saudah Sasa, mahasiswa S3 Ilmu Sosial. Pemberian gelar tersebut diberikan saat pelaksanaan Ujian Doktor Terbuka di ruang Adi Sukadana pada pukul 10.00 WIB. Ujian tersebut dihadiri oleh Prof. Falih Suaedi  (Dekan FISIP Unair), Prof Budi Prasetyo (Wakil Dekan I FISIP Unair) selaku ketua panitia penguji, Prof. Rachmah Ida selaku ko-promotor, Prof Ida Bagus Irawan selaku promotor , Dr. Santi (Dosen Ilmu Komunikasi) dan Dr. Irma (Dosen Ilmu Hubungan Internasional).

Dalam disertasinya, Saudah meneliti relasi dan komunikasi antarpedagang dalam konteks sosial budaya Pasar Tradisional Karangploso Kabupaten Malang. Secara khusus, disertasi ini diharapkan dapat menjabarkan teori pertukaran sosial dari Homans dan Blau. Dalam penelitian tersebut, Saudah menggunakan metode kualitatif dan untuk lebih memberikan kedalaman analisis, maka digunakan pendekatan etnomedologi.

Hasil penelitian yang dilakukan Saudah menunjukkan, bahwa kreativitas pedagang mampu mengembangkan formulasi relasi dan komunikasi bergaya lokal “malangan”, negosiasi dan transaksi sosial yang dilakukan antarpedagang dalam perebutan ruang lapak/batas ditinjau dari sejarah kepemilikan lapak oleh pedagang, dan komunikasi dalam relasi sosial dapat mempertahankan fungsi institusi pasar sebagai media untuk mendistribusikan informasi, membangun pola interaksi serta membangun jaringan distribusi diantara pedagang.

Berkat disertasinya yang sangat baik dan dapat menjawab pertanyaan penguji dengan argumentasi yang kritis. Saudah menjadi Doktor yang ke-212 FISIP Unair berpredikat "sangat memuaskan" dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,38. (ES/CAY)

Agenda

Indeks +