Kenalkan Literasi Media pada Masyarakat, Departemen Komunikasi FISIP UNAIR Adakan Kegiatan Bakti Sosial di Kampung Tinja Keputih

15 April 2018



Surabaya – Humas | FISIP Universitas Airlangga memiliki departemen-departemen yang tidak hanya berfokus kepada pembelajaran mahasiswa, namun juga pemberdayaan masyarakat sekitar. Minggu (15/ 04), Departemen Komunikasi mengadakan COMMCAR  (Communication Social Responsibility) di Kampung Tinja Keputih Surabaya. 

COMMCAR adalah sebuah kegiatan kepedulian pada masyarakat yang diselenggarakan dalam rangkaian HUTKOM (Hari Ulang Tahun Departemen Komunikasi) yang ke 30 tahun 2018 ini. Tahun ini, COMMCAR diadakan dengan tema Sharing to Caring dengan tagline “Enjoy being a Good Netizen”. Tema ini diangkat berdasarkan keresahan insan-insan komunikasi dalam Departemen Komunikasi FISIP UNAIR atas menjamurnya hoax atau berita bohong yang menyebar luas berbagai media. Dengan latar belakang tersebut, COMMCAR diadakan dengan tujuan memberi wawasan mengenai literasi media kepada masyarakat bagaimana untuk cerdas memilah informasi. 

Kegiatan COMMCAR di Kampung Tinja Keputih ini dilakukan dalam bentuk mengajak masyarakat bermain dan berdiskusi bersama dalam stan-stan yang disediakan panitia. Ada lima stan yang disiapkan berkaitan dengan tema. Kelima stan tersebut ialah dua stan wawasan berita hoax, stan parenting: keluarga internet sehat, stan permainan tradisional, dan stan aksi: I am a good kidizen (kid netizen). Dengan kegiatan tersebut COMMCAR diterima dengan baik oleh masyarakat setempat. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya 100 orang lebih yang berpartisipasi dalam kegiatan. 

Setelah pelaksanaan game edukasi di beberapa stan, acara ditutup dengan peresmian taman baca di Balai Rt 07 RW 08 Keputih Tegal Timur. Peresmian tersebut disimboliskan dengan penyerahan buku donasi dan alat permainan tradisional yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh panitia COMMCAR yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNAIR. Pengadaan taman baca tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi media masyarakat terutama pada anak-anak. Dengan buku-buku donasi tersebut, mahasiswa Ilmu Komunikasi berharap agar anak-anak tidak hanya melimpahkan waktu luangnya dengan bermain games online, namun digantikan dengan membaca buku dan bermain permainan tradisional. Kegiatan-kegiatan yang bernilai manfaat seperti COMMCAR selalu mendapat dukungan positif dari FISIP UNAIR, kegiatan seperti ini sesuai dengan moto FISIP UNAIR yakni aksi dedikasi aktualisasi. (NIK/ES)

 

Agenda

Indeks +