Tulis Disertasi Mengenai Wartawan, Moch Syahri berhasil raih gelar Doktor

10 April 2018



Surabaya- Humas | Selasa (10/04) kembali dilaksanakan Ujian Doktor Terbuka di Ruang Adi Sukadana, Gedung A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Promovendus Moch Syahri mempertahankan disertasinya yang berjudul "Jurnalisme Jalan Tengah: Etika Wartawan, Otonomi, dan Praktik Jurnalistik Pers Lokal Malang". 

Promovendus Moch. Syahri menuliskan disertasinya dilatarbelakangi oleh dua hal, yakni: fenomena tumbuhnya pers sebagai industri pada zaman Orde Reformasi, dan Urgendinya wartawan menjalankan tugas jurnalistiknya dengan mendasarkan pemaknaan atas kode etik profesinya. Dalam menuliskan disertasinya sebagai syarat meraih gelar doktor dari program studi doktoral Ilmu Ilmu Sosial di FISIP UNAIR, promovendus Moch. Syahri diprmotori oleh Prof. Rachmah Ida, Dra., M.Com., Ph.d, dan di ko promotori oleg Prof. Dr. Bagong Suyanto, Drs., M.Si. 

Beberapa poin penting yang menjadi temuan ataupun hasil dari penelitian disertasi ini ialah ternyata tidak semua wartawan memikirkan konsekkuensi dari tindakannya dalam menjalankan pekerjaannya. Tuntutan menulis empat berita dalam seharinya membuat mereka tidak memikirkan semua dari konsekuensi liputannya. Hal penting bagi para wartawan tersebut ialah dapat menulis bagus hingga tak banyak koreksi yang didapat adri redaktur. Intinya, banyak wartawan yang tidak begitu memikirkan efek berita, dan lebih memikirkan target menulis berita per harinya. 

Atas disertasinya yang dianggap baik, serta dapat melalui Ujian Terbuka dan dapat mempertahankan argumentasinya dihadapan penguji, promovendus Moch. Syahri kemudian dinyatakan lulus. Dengan demikian, MOch Syahri menjadi Doktor ke 211 dari program studi Ilmu Ilmu Sosial, FISIP UNAIR.  (NIK/)

Agenda

Indeks +