Departemen Hubungan Internasional FISIP UNAIR Adakan Kuliah Tamu Bertema “War Diaries of Conscripts during the Russo-Japanese War”

09 Februari 2018



Surabaya – Humas | Pada Jumat (9/02), Departemen Hubungan Internasional FISIP UNAIR kembali mengadakan kuliah tamu. Kuliah tamu pada kali ini, mendatangkan Prof. Naoko Shimazu yang merupakan pengajar di National University of Singapore. Annisa Pratamasari, M.Sc selaku Dosen Departemen Hubungan Internasional FISIP UNAIR menjadi moderator pada kuliah tamu yang bertema “War Diaries of Conscripts during the Russo-Japanese War” tersebut. Kuliah tamu inisiasi dari CSGS (Cakra Studi Global Strategis) –yang merupakan badan penelitian dari Departemen HI FISIP UNAIR–ini, diselenggarakan di ruang Adi Sukadana FISIP UNAIR mulai pukul 15.00 hingga 16.00 WIB.   

Dalam kuliah tamu kali ini, Professor Naoko memaparkan peran Indonesia dalam membentuk aliansi negara dunia ketiga melalui Konferensi Bandung tahun 1955. Naoko menjelaskan peran Indonesia bisa dibagi menjadi dua peran, yakni peran mikro dan makro. Salah satu peran mikro Indonesia adalah sebagai penyedia “hospitality” bagi perwakilan-perwakilan negara yang menghadiri Konferensi Bandung tahun 1995. Kemudian, Naomi menyampaikan bahwa Kota Bandung itu sendiri memiliki peran makro sebagai tempat diadakannya konferensi tersebut. “Bandung sendiri juga berperan, dengan kondisi sosial yang ada, para utusan yang hadir berhasil melakukan social engagement sehingga mulai terbentuk komunitas Asia dan Afrika,” ujar Naoko.

Dalam pemaparannya, selain menunjukkan beberapa statement dari perwakilan-perwakilan negara yang hadir pada Konferensi Bandung tahun 1955, Naoko juga menunjukkan foto-foto saat Konferensi Bandung tahun 1995. Salah satunya foto yang ditampilkan adalah foto suasana upacara pembukaan yang juga menjelaskan mengenai peran mikro Indonesia mengenai “hospitality” yang telah dipaparkan sebelumnya. Setelah pemaparan materi selesai, Annisa mengambil alih kuliah tamu dengan memimpin sesi diskusi interaktif. Lebih dari sembilan puluh mahasiswa serta beberapa staf pengajar FISIP UNAIR hadir dalam kuliah tamu ini. Para peserta terlihat antusias dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dijawab dengan antusias dan lugas oleh Professor Naoko. (NIK/ES)

Agenda

Indeks +