Departemen Ilmu Politik FISIP UNAIR Gelar Seminar Penyusunan Jurnal dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

11 Desember 2017



Surabaya – Humas | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Arilangga bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemillihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia menyelenggarakan Seminar Jurnal Bawaslu dengan tema “Pemilu Berintegritas”. Seminar tersebut sebagai bentuk pertanggung jawaban ilmiah Bawaslu kepada masyarakat sebagai pusat pengawasan Pemilu di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (11/12) di Ruang Adi Sukadana Gedung A, FISIP UNAIR mulai pukul 09.00. dalam seminar tersebut dihadirkan keynote speaker yakni Abhan, SH (Ketua Bawaslu RI) dan Prof. Ramlan Surbakti, Drs., MA., Ph.D. Seminar Jurnal Bawaslu akan dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang berasal dari berbagai institusi dan masyarakat umum, antara lain adalah Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, KPU Provinsi Jawa Timur, UNAIR, Pegiat Pemilu di Jawa Timur, dan berbagai media di Jawa Timur.

Kegiatan ini memiliki dua agenda utama yakni sesi panel dimana kedua keynote speaker akan menyampaikan materi sebagai pengantar seminar jurnal, dan sesi seminar jurnal dengan tema “Pemilu Berintegritas”. Sesi seminar jurnal akan diisi oleh kurang lebih 10 pemateri dengan berbagai materi jurnal diantaranya adalah Menjaga Kualitas Pemilu yang Demokratis, Pemantauan dalam Proses Penyelenggaraan Pemilu, Dinamika Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia, dan sebagainya.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil tulisan yang dimuat dalam jurnal Bawaslu, memberikan penilaian terhadap tulisan dalam jurnal Bawaslu, dan melakukan kajian lebih lanjut berkaitan dengan tulisan-tulisan yang dimuat dalam jurnal Bawaslu. Kegiatan seminar ini juga merupakan wujud dari luasnya jaringan FISIP UNAIR dalam menjalin kerjasama, baik dari sektor pemerintah dan swasta. Kuatnya jaringan FISIP UNAIR dapat memberikan nilai lebih dan berkaitan dengan kualitas kelembagaan yang terbentuk. (UC/CAY)

Agenda

Indeks +