Bangun Masyarakat Desa, FISIP Adakan Kembali Program Sapa Desa

01 Oktober 2017

 

Surabaya - Humas | Sebagai wadah untuk memujudkan rasa kepedulian mahasiswa FISIP terhadap sesama masyarakat, Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM FISIP UNAIR mengadakan program sosial Sapa Desa 2017 yang dilakukan di Desa Klitih, Jombang selama empat hari. Sapa Desa merupakan program pengabdian yang dirancang untuk tidak hanya sekedar mengunjungi warga desa, namun juga turut ambil bagian dalam pembangunannya. Kegiatan yang dimulai sejak Kamis (28/09) hingga Minggu (1/10) tersebut diikuti oleh lebih dari empat puluh mahasiswa FISIP dari berbagai jurusan.

Sosialisasi mengenai lingkungan bagi anak SD, sosialisasi mengenai bahaya narkoba bagi siswa MTs dan sosialisasi mengenai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) beserta beasiswanya menjadi tiga serangkaian sosialiasasi yang dibagikan bagi seluruh warga Desa Klitih. Ketiganya mendapat respon positif, utamanya sosialisasi mengenai PTN dan beasiswa.

“Saya inginnya banyak warga di sini yang kuliah keluar, tidak hanya kedatangan mahasiswa,” demikian sepenggal sambutan Bu Siti Ro’Aini, Kepala Desa Klitih, ketika menanggapi adanya sosialisasi PTN dan beasiswa yang baru pertama kali diadakan di desa tersebut.

Selain sosialiasi, serangkaian program Sapa Desa lainnya ialah lomba keakraban, pembagian sembako, cek kesehatan, dan pembangunan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK). Program-program ini dilaksanakan di Dusun Tambak dan Dusun Cepit, dua dusun terisolir dari desanya sendiri karena akses jalan yang sulit. Lomba keakraban yang hanya diadakan di Dusun Cepit berhasil mendapatkan antusiasme warga yang luar biasa dibuktikkan dengan turut hadirnya warga Dusun Tambak ke Dusun Cepit hanya untuk mengikuti lomba-lomba ini.

Serangkaian program Sapa Desa tahun ini ditutup dengan malam pentas seni yang diisi oleh penampilan panitia Sapa Desa serta warga Desa Klitih. Selain berbagai penampilan, pada kesempatan ini juga diadakan pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa dan Presiden BEM FISIP, Rizky Bangun Wibisono, sebagai wujud syukur atas terlaksananya Sapa Desa dan juga penyerahan simbolis bantuan 200 buku untuk perpustakaan SDN Pojok Klitih 1 yang sedang dibangun.

Keberhasilan Sapa Desa tidak lepas dari berbagai pihak yang mendukung, seperti Ikatan Alumni FISIP UNAIR (IKA FISIP), Sanggar Hijau yang merupakan LSM pegiat lingkungan di Jombang, Polsek Plandaan, Ikatan Mahasiswa Jombang di UNAIR (IMAJINAIR), dan tentunya seluruh donatur baik donatur sembako, pembangunan MCK, dan donatur buku.

Hingga kepulangan mahasiswa/i FISIP dari desa tersebut, pembangunan fasilitas MCK di Dusun Cepit masih dalam proses pembangunan yang dilakukan oleh warganya sendiri. Sebelum adanya pembangunan ini, warga Dusun Cepit biasanya melakukan aktivitas buang air di area hutan sekeliling dusun mereka, sehingga pembangunan MCK ini merupakan permintaan warga sendiri sebagai kesadaran mereka terhadap pentingnya fasilitas tersebut bagi kesehatan mereka. (MAL/YOS/CAY)