UNAIR Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa Ke-5

03 Oktober 2017

 

Surabaya – Humas | Telah dilangsungkan pemberian gelar Doktor Honoris Causa oleh Universitas Airlangga kepada Abdul Muhaimin Iskandar pada Selasa (3/10). Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa tersebut di selanggarakan di Aula Garuda Mukti, Gedung Rektorat UNAIR Universitas Airlangga, secara langsung diberikan oleh Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak. Gelar Honoris causa tersebut di anugerahkan dalam bidang sosiologi politik yang juga dihadiri oleh Dekan FISIP UNAIR Dr. Falih Suaedi, M.Si serta jajaran civitas akademika Universitas Airlangga. Dalam acara tersebut juga dihadiri puluhan pejabat Negara setingkat menteri, pengurus partai, dan sejumlah kepala daerah dari PKB, serta alim ulama.

Acara yang diselenggarakan sejak pukul 10 pagi hingga 1 siang tersebut, berlangsung dengan baik. Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin, menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Mengelola Kebhinnekaan Untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa”. Di dalam orasi tersebut Cak Imin menyampaikan bahwa multikulturalisme atau kebhinnekaan tidak bisa tumbuh tanpa campur tangan semua elemen bangsa, seperti parta politik, negara, dan masyarakat. Kebhinekaan menurut Cak Imin harus dimaknai sebagai energi positif untuk memajukan dan mensejahterahkan bangsa, bukan menjadi penghambat kemajuan bangsa.

“Karena itu, perlu sentuhan dunia pendidikan untuk mengelola kemajemukan bangsa sebagai anugerah dari Tuhan,” ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut. Cak Imin merupakan orang ke-5 yang mendapat gelar kehormatan tersebut setelah 63 tahun berdirinya Universitas Airlangga. Honoris causa merupakan gelar kehormatan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada seseorang yang dianggap telah berjasa dan berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia. Cak Imin dianggap telah memberikan kontribusi dalam bidang sosial dan akademik dengan berbagai aksi sosial dan buku yang telah di hasilkan. (UC/CAY)