Pengadaan Forum oleh Civitas Akademika FISIP terkait Pemberian Gelar Muhaimin Iskandar

03 Oktober 2017

 

Surabaya - Humas | Civitas akademika FISIP menggelar forum terkait dengan pemberian gelar Doktor Honoris Causa Drs. Muhaimin Iskandar, M.Si., pada Selasa (3/10). Bertempat di Ruang Adi Sukadana, forum yang digelar pada pukul 13.00-15.00 itu dipimpin oleh enam pembicara yaitu Airlangga Pribadi, S.IP., M.Si., selaku perwakilan dari Departemen Politik, Novri Susan, S.Sos., MA., selaku perwakilan dari Departemen Sosiologi, Khairul Fahmi selaku Wakil Ketua IKA FISIP, Bangun Wibisono selaku Ketua BEM FISIP, dan Deda Rizky selaku perwakilan dari mahasiswa.

Diselenggarakannya forum tersebut didasari atas penilaian para civitas akademika FISIP terhadap penganugerahan gelar Drs. Muhaimin Iskandar yang dianggap tidak partisipatif atau tidak melibatkan civitas akademika FISIP secara langsung. Pemaparan sikap dan alasan pun juga disampaikan oleh masing-masing perwakilan yang datang ke dalam forum. Novri Susan misalnya, yang menyatakan bahwa penolakan ini bukan berdasarkan dari kebencian, tetapi lebih kepada mekanisme yang ada. Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh Moch. Yunus, S.IP., MA., salah satu dosen prodi Hubungan Internasional yang menekankan bahwa pengadaan forum ini untuk lebih berfokus pada permasalahan prosedural.

Hal ini kemudian dapat dilihat sebagai suatu pengaktualisasian peran FISIP. Bahwa FISIP selalu berperan aktif untuk mewadahi aspirasi-aspirasi civitas akademikanya. Mengutip dari pernyataan Airlangga Pribadi, penolakan ini harus dilihat sebagai suatu refleksi dari permasalahan yang lebih besar, yakni persoalan prinsipil atau university governance. Sehingga, Airlangga Pribadi menilai penolakan yang dilakukan oleh civitas akademika FISIP ini tidak bersifat agenda politis, namun penting untuk dilakukan untuk mengembalikan integritas dari Universitas Airlangga itu sendiri. (AN/OB)