Latih Pengelola Web Prodi, FISIP Dukung UNAIR Jadi World Class University

27 September 2017

 

Surabaya - Humas | Koordinator Informasi dan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (KIH FISIP) UNAIR adakan pelatihan pengelolaan website untuk tim web seluruh program studi (prodi) S-1, S-2, hingga S-3 FISIP. Pelatihan diadakan di ruang Adi Sukadana Gedung A FISIP pada Rabu (27/9). Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB dibuka oleh Dekan FISIP UNAIR, Dr. Falih Suaedi, M.Si. Dalam sambutannya, ia berharap bahwa kegiatan ini dapat mengoptimalkan kontribusi prodi FISIP dalam meningkatkan kualitas penyediaan informasi bagi masyarakat luas.

Usai dibukanya acara, agenda pertama merupakan hearing atau mendengarkan pemaparan dan pertanyaan mengenai hambatan yang dihadapi tim pengelola website prodi selama ini. Dihadiri puluhan anggota tim web dari berbagai prodi di FISIP, hearing berjalan dengan intens dengan munculnya berbagai pertanyaan dan hambatan teknis yang dilontarkan. Dalam pelatihan ini, KIH FISIP menghadirkan pembicara dan teknisi dari Direktorat Sistem Informasi (DSI), Badan Perncanaan dan Pengembangan (BPP), dan Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) UNAIR. 

M. Nasrul Azis, S.Kom dari DSI memberi penjelasan teknis tentang bagaimana sistem admin dan melengkapi konten halaman dari sebuah website prodi. Pentingnya menyelaraskan tema dan jumlah halaman yang ada di web prodi dengan web universitas menjadi fokus utama. Berikutnya, Iqbal Rhabbani dari BPP memberi materi tentang bagaimana strategi Universitas untuk meningkatkan kualitas instansi dalam pengelolaan website dan bagaimana prodi bisa turut berperan dalam peningkatan ini. Sebuah lembaga pemeringkatan web di dunia, yakni Webometrics menjadi atensi dan tolak ukur bagi rektorat saat ini. Pemaparan peringkat website prodi saat ini hingga berbagai langkah yang baiknya dilakukan untuk peningkatan menjadi bahasan pada sesi dari BPP kali ini.

PIH mengirimkan dua perwakilannya, yakni Jokhanan Kristiyono, ST., M.Med.Kom dan Rio F. Rachman, S.S, M.Med. Kom. untuk memberi materi tentang bagaimana mengemas konten web dengan tepat, terlebih lagi menyajikan konten yang inovatif dan kekinian. Bagaimana menjadi jurnalis yang benar dan bagaimana mengambil gambar yang menarik dijelaskan secara terperinci. Kemudian untuk inovasi, banyak masukan yang diberikan mulai dari penyajian data berbasis infografis hingga penyajian konten video yang menarik dan mudah dijangkau oleh pembaca.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas website diseluruh instansi maupun departemen untuk mewujudkan Universitas Airlangga sebagai World Class University. Setelah pelatihan ini, FISIP akan melaksanakan kompetisi bagi para pengelola website prodi untuk melihat seberapa jauh para peserta dapat menerapkan materi yang telah disampaikan. (ZK/CAY)