FISIP Siap Dukung UNAIR dalam Pemeringkatan Webometrics

22 September 2017

 

Surabaya – Humas | Sebagai bagian dari Universitas Airlangga, FISIP mendukung sepenuhnya target universitas dalam usaha menjadi World Class University (WCU). Salah satu acuan Universitas Airlangga dalam WCU adalah pemeringkatan Webometrics. Jumat pagi (22/09) tim dari Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) UNAIR, berkunjung ke Ruang 207 Gedung A FISIP untuk mengadakan evaluasi sekaligus sosialisasi mengenai kriteria pemeringkatan universitas Webometrics.

Pertemuan dengan tim dari BPP UNAIR, dihadiri lengkap oleh Dekan dan para Wakil Dekan FISIP UNAIR. Selain jajaran dekanat, pertemuan ini dihadiri juga oleh para pengelola web prodi dari seluruh prodi yang dimiliki FISIP UNAIR. Setelah dibuka oleh Prof. Myrtati Dyah Artaria selaku Wakil Dekan III FISIP UNAIR, Muhammad Badowi selaku perwakilan tim BPP UNAIR langsung mengambil alih jalannya evaluasi dan sosialisasi dengan menjelaskan secara rinci hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan website yang dimiliki fakultas.

Melihat tren kriteria penilaian website yang berubah dari Webometrics, tim BPP UNAIR dengan tanggap mengadakan sosialisasi berkenaan dengan hal tersebut. Badowi menyampaikan ada empat kriteria yang saat ini digunakan webometrics dalam menilai website universitas. Keempat kriteria tersebut, adalah presence, visibility, openness, dan excellence. 

Ada lima langkah strategis yang sudah diramu oleh tim BPP untuk meningkatkan skor website fakultas juga UNAIR dalam keempat kriteria penilaian Webometrics. Langkah strategis pertama, yakni membuat artikel-artikel mengenai keunggulan fakultas dan dicantumkan dalam slider web fakultas masing-masing. Kemudian dianjurkan bahwa laman yang pertama kali terbuka saat mengakses web fakultas adalah tampilan berbahasa Inggris. Yang ketiga, ialah dimana admin dari web maupun jurnalis web diharapkan memahami taktik dalam Search Engine Optimization (SEO). Keempat ialah membuat top menu “faculty in the news”  yang memuat pemberitaan-pemberitaan mengenai fakultas oleh media luar. Kemudian yang terakhir, ialah pengaktifan publikasi terhadap riset-riset dari dosen masing-masing fakultas. Untuk mewujudkan hal-hal diatas diperlukan dua peran sentral, yakni kepala admin web dan pimpinan redaksi konten website.

Dalam pengelolaannya hingga sekarang, sebagai web fakultas dalam naungan Universitas Airlangga, FISIP UNAIR dinilai memiliki web fakultas terbaik dalam kategori standarisasi menu website. Tim BPP juga menilai bahwa tata kelola peliputan berita FISIP adalah yang terbaik, sehingga bisa menjadi percontohan bagi fakultas lainnya. (NIK/CAY)