Departemen Sosiologi FISIP UNAIR Sukses Adakan APSSI International Conference 2017

12 September 2017

 

Surabaya – Humas | Departemen Sosiologi FISIP UNAIR dengan sukses mengadakan APSSI (Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia) International Conference 2017 pada Senin (11/9) hingga Rabu (13/9). Acara yang bertempat di Hotel Swiss-Bellin ini, dihadiri oleh para dosen sosiologi se-Indonesia dan membahas isu-isu yang sedang terjadi dari sudut pandang ilmu sosiologi. Tujuan tersebut kemudian direpresentasikan dalam tema yang diangkat, yaitu Democracy and Social Transformation: Global-Local Tensions, Contestation, and Collaboration.

Konferensi ini dibagi menjadi empat sesi, yaitu dua sesi seminar dan dua sesi panel diskusi. Sesi seminar pertama menghadirkan Prof. Martin van Bruinessen, Ph.D untuk subtema Religion, Globalization, and Pluralism, Novri Susan, Ph.D untuk sub-tema Identity Politics, Local Conflict, and Social Movements, dan Lambang Trijono, Ph.D untuk sub-tema Democracy, State, and Local Diversity. Sedangkan sesi seminar berikutnya menghadirkan Dr. Meutia Ganie R. untuk sub-tema State, Market, and Socio-Entrepreneurship, Ariel Heryanto, Ph.D untuk sub-tema Media, Technology, and Social Change, dan Rita Padawangi, Ph.D untuk sub-tema Development and Local Preservation.

Beberapa sub-tema tersebut diangkat karena dirasa memiliki korelasi dengan tema besar konferensi. Tidak hanya itu, pembagian sub-sub tema ini juga dilakukan untuk memfokuskan isu tertentu agar dapat dibahas secara mendalam. Kedepannya diharapkan konferensi ini dapat terus terlaksana secara rutin sebagai sebuah medium diskusi atas transformasi sosial secara luas. (AN/CAY)