Tunjukkan Kebudayaan Indonesia, Museum Etnografi FISIP UNAIR Tarik Minat Para Siswa SMA Kristen Gloria I Surabaya

30 Agustus 2017

 

Surabaya - Humas | SMA Kristen Gloria I Surabaya mengunjungi Museum Etnografi FISIP UNAIR pada Rabu (30/8). Kunjungan mereka yang keempat kalinya bertujuan untuk menghadiri seminar serta workshop forensik. Acara tersebut diselenggarakan atas kerjasama SMA Kristen Gloria I dengan Departemen Antropologi FISIP UNAIR. Menurut salah satu pengajar yang ikut mendampingi, Erna, kunjungan ini dilakukan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para siswa. "Agar murid-murid tahu, pembelajaran itu tidak hanya di ruang kelas, tetapi juga dengan berinteraksi secara langsung," jelas Erna yang juga merupakan alumnus FISIP UNAIR.

Siswa yang datang adalah siswa kelas 11 dari jurusan IPA dan IPS. Erna ingin dari kunjungan ini, setiap siswa dapat mengambil materi yang dipaparkan dan melakukan pendekatan dari disiplin ilmu mereka masing-masing. "Siswa IPA bisa melakukan pendekatan pada pelajaran Biologi, sedangkan siswa IPS melakukan pendekatan pada pelajaran Sosiologi," terangnya.

Kegiatan yang mereka lakukan dalam kunjungan museum ini dapat dibilang sangat beragam. Tidak hanya menyimak paparan materi, mereka pun juga melakukan dialog interaktif dengan pengurus museum. Ilmu yang mereka dapat dari dialog tersebut, kemudian mereka jadikan sebagai referensi dalam pengerjaan laporan mereka. Erna menuturkan, metode pembelajaran seperti ini sangatlah efektif. "Saya berharap, dari kunjungan kami kali ini, murid-murid dapat tertarik secara langsung, dan meningkatkan minat mereka terhadap kekayaan budaya yang Indonesia miliki," tutupnya. (AN/CAY)