Membangun Jiwa Wirausaha, BEM FISIP Adakan Kajian Sociopreneurship

30 Agustus 2017

 

Surabaya - Humas | Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) UNAIR selalu datang dengan kegiatan-kegiatan yang inovatif. Rabu (30/8) Kementrian Ekonomi Kreatif BEM FISIP mengadakan kegiatan bertajuk “Kajian Wirausaha” yang bertempat di ruang 302 Gedung A FiSIP UNAIR. Mengundang salah seorang alumni FISIP, bernama Arditto Grahadi, S.IP., MM. sebagai narasumber, kajian ini dihadiri sekitar 50 mahasiswa FISIP yang antusias untuk menambah ilmu berkaitan dengan kewirausahaan. Meningkatnya jumlah pencari kerja dan sedikitnya ketersediaan lapangan kerja menjadikan pola pikir masyarakat berkembang sangat dinamis dan merangsang hasrat menciptakan lapangan pekerjaan. Berbagai asumsi beredar akan kapabilitas sarjana sosial dalam menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, melatarbelakangi diadakannya acara ini.

Setelah dibuka oleh pemandu acara, Arditto sebagai pembicara kemudian mengambil alih jalannya kajian dengan tema sociopreneurship. Dengan pembawaan yang santai, Arditto memaparkan bahwa menjadi sociopreneurship berbeda dengan hanya menjadi seorang enterpreneur. Menurutnya, bukanlah profit atau keuntungan yang menjadi hal utama yang dikejar ketika menjadi sociopreneur, melainkan service atau kepuasan pelanggan.

Arditto juga menyampaikan bahwa menjadi seorang lulusan dari program studi yang berlatar ilmu sosial, bukan berarti tidak bisa menjadi pengusaha. “Kita yang belajar ilmu sosial mungkin tidak ahli dengan manufaktur atau pengadaan barang dan yang lain, namun kita memiliki kelebihan pengamatan kondisi sekitar, bagaimana membuat usaha dibidang jasa yang menguntungkan namun juga membantu kehidupan masyarakat”. Setelah pemaparan materi, diskusi aktif pun berlangsung antara narasumber dan peserta kajian. Arditto, sebagai narasumber menutup dengan kalimat-kalimat yang memotivasi untuk terus berusaha sebaik-baiknya dalam jalan menjadi sociopreneur yang sukses di kemudian hari.

Kajian wirausaha ini merupakan rangkaian program kerja fisippreneur milik Kementrian Ekonomi Kreatif, dimana kali ini adalah penyelenggaraan ketiga dalam periode kepemimpinan tahun 2017. Kajian-kajian yang telah diadakan merupakan kegiatan awal untuk menuju seminar nasional yang dipersiapkan untuk menjadi Gong. “Tujuan kami adalah untuk membangun jiwa enterpreneur dalam diri mahasiswa FISIP, sehingga nantinya tidak hanya bisa menjadi pekerja namun juga seorang wirausahawan” terang Tressya  Hulontawa Melamahu, sebagai penanggung jawab kajian wirausaha. (NIK/UC)