Jawab Tantangan Pendidikan Indonesia, FISIP Datangkan Pakar Australia dalam Program AGT

10 Juli 2017

 

Humas - Surabaya | UNAIR Attracting Global Talent (AGT) merupakan program yang dirancang untuk memberikan mahasiswa dan dosen di UNAIR berbagai perspektif baru dari para pengajar berkelas internasional. Program AGT dimulai sejak tahun 2016 dan direncanakan berjalan hingga tahun 2020. FISIP UNAIR pada Senin (12/07) mendapat kesempatan untuk merasakan program AGT dengan kedatangan seorang Professor berkebangsaan Australia, yaitu Prof. Lyn Parker dari The University of Western Australia.

Para mahasiswa serta dosen FISIP UNAIR antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh Prof. Parker. Sebagai seorang antropolog, Prof. Parker memfokuskan dirinya pada penelitian mengenai masyarakat Indonesia. Bahkan, pada tahun 1980 hingga 1981, Prof. Parker meneliti kaitan antara masyarakat kerajaan di Bali Timur dengan Indonesia sebagai negara-bangsa. 

Prof. Lyn Parker memberikan dua materi di sesi yang berbeda. Materi di sesi pertama berlangsung pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB di Ruang Adi Sukadana, Gedung A FISIP UNAIR. Materi pertama mengangkat tema “Writing and Publishing Journal Articles”. Sedangkan materi kedua yang diadakan pada pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB mendiskusikan mengenai “Creating Responsible Environmental Citizens through Education in Indonesia”.

Pada sesi kedua, Prof. Parker menyampaikan mengenai kekurangan pendidikan yang Indonesia terapkan. Beberapa faktor, seperti ekonomi yang rendah dan pengaruh buruk lingkungan tempat tinggal, mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia yang menurut Prof. Parker masih banyak yang perlu dibenahi. Selain itu, Prof. Parker menyarankan untuk memberikan pelatihan mengenai toleransi, isu-isu lingkungan sekitar, kepemimpinan, dan mengenali potensi diri untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Didampingi oleh Wakil Dekan III FISIP UNAIR,Prof. Myrtati Dyah Artaria, Ph. D, Prof. Parker terlihat menikmati program Airlangga AGT, selain karena Prof. Parker dapat menularkan pengetahuannya, interaksi langsung dengan para mahasiswa menjadi kunci kenyamanan tersebut. Airlangga AGT merupakan salah satu usaha dari UNAIR untuk mencapai World Class University dengan meningkatkan pertukaran pengetahuan antara civitas akademika UNAIR dengan peneliti dan pengajar internasional. (CAY/RZQ/QQ)